Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Cara Memulai Usaha Kue Basah Rumahan Dengan Modal Minim

3 min read

Usaha Kue Basah
Memulai usaha Kue Basah rumahan sangatlah cocok buat anda yang ingin memulai usaha kue. Pasalnya kue basah menjadi salah satu makanan ringan yang menemani masyarakat di kala istirahat dari aktivitas yang panjang.
Makanan ini juga kerap hadir dalam berbagai kegiatan sebagai jamuan. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang halus agak basah membuat rasa dari makanan ini tak bisa dilupakan. Apalagi membuat kue ini sebenarnya cukup mudah bagi anda yang sudah terbiasa membuat kue atau roti, Karena pengolahannya yang tak terlalu ribet.
Kebutuhan masyarakat akan kue basah juga cukup banyak, Karena banyak orang yang tak ingin ribet membuat kue basah hanya untuk sekedar jamuan acara. Hal inilah yang menjadikan kue basah sebagai peluang usaha baru buat anda yang ingin memulai usaha dibidang makanan ringan.

Peluang Usaha Kue Basah

Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa Kue Basah menjadi peluang usaha karena banyak orang yang tak mau ribet membuat kue basah hanya sekedar untuk jamuan. Namun permintaan akan kue basah cukup tinggi, Karena acar-acara baik itu acara kecil atau penting membutuhkan makanan ringan sebagai jamuan tamu. Dan kue basah menjadi salah satu jamuan yang cocok.
Kue basah juga kerap disiapkan ketika ada rapat penting atau tamu penting. Oleh karena itu anda bisa mencoba memulai usaha kue basah, Apalagi modal yang dikeluarkan tidak banyak dan cukup menguntungkan.

Strategi Memulai Usaha Kue Basah Rumahan

Sebelum memulainu usaha, Pastinya ada sebuah strategi untuk menghindari yang namanya kegagalan. Hal ini agar bisnis atau usaha yang anda mulai bisa menguntungkan. Dengan adanya strategi maka anda bisa berjalan sesuai rencana. 

1. Membuat Rencana Awal

Dalam memulai sebuah usaha, Anda perlu menentukan sebuah rencana bagaimana agar usaha berjalan sebagaimana mestinya dan yang pasti menguntungkan. Pertama anda perlu membuat rencana dimana tempatnya, Kue basah seperti apa yang perlu anda buat, Resep nya apa, Modal yang diperlukan berapa, Alat apa saja yang perlu dipersiapkan dan target pasar apa yang anda incar.

2. Resep Kue Basah

Rasa dari kue adalah sebuah kunci. Karena dengan adanya rasa maka orang akan mengenal kue basah yang anda jual. Rasa yang enak dan mempunyai ciri khas, Pasti akan dihafal oleh seseorang dan dengan rasa yang enak anda tidak perlu mempromosikan berlebihan karena konsumenlah yang akan mempromosikan.
Kok bisa ? Konsumen kue rata-rata adalah para ibu. Para ibu seringkali berkomunikasi dengan banyak orang. Mereka akan membicarakan kue basah dan membicarakan tentang rasa. Ketika rasa kue basah anda enak, Maka orang lain akan tertarik karena sudah ada bukti konsumen yang tadi bahwa rasa kue basah anda Enak.
Pemilihan resep bagaimana ? Resep kue basah cukup banyak di Google. Anda tinggal mengolah dan membuat kue basah anda sendiri dengan resep anda sendiri. Sesuaikan rasa dan sering-seringlah meminta pendapat orang tentang hasil kue basah anda. 
Sering melakukan improvisasi dan perubahan jika dirasa kurang pas sesuai selera. Dan jangan lupa sering catat resepnya agar tidak lupa.

3. Belajar Dari Orang Yang Sudah Berhasil

Jika anda mempunyai kenalan orang yang sudah berhasil dalam memulai usaha kue. Maka anda bisa belajar dari orang tersebut. Dengan begitu anda akan mendapatkan beberapa saran dan pengalaman yang belum anda tahu sebelumnya.
Selain itu juga anda akan mengetahui beberapa kesalahan yang anda ciptakan sehingga anda bisa  memulai usaha kue basah dengan baik. Pengalaman orang cukup berharga dalam memulai sebuah usaha, Agar tidak salah dalam melangkah.

4. Penentuan Harga 

Penentuan harga juga cukup penting agar usaha anda mendapatkan keuntugan yang lumayan. Namun tetap jangan memberikan harga lebih tinggi dari harga kue basah pada umumnya. Seseorang rata-rata melihat harga terlebih dahulu ketimbang rasa. Ketika harga dinilai murah dan sesuai dengan kebutuhan, Maka orang akan senang dengan kue basah yang anda jual.
Anda perlu mencatat modal serta pengeluaran dan hitung pendapatan. Kemudian nilai apakah pantas anda mendapatkan keuntungan dengan harga kue basah yang anda jual. Ketika dinilai pas maka anda sudah berhasil dalam menentukan harga.

5. Target Pasar

Untuk target pasar untuk kue basah rata-rata pembelian para ibu-ibu. Anda harus pintar-pintar menarget konsumen dan promosikan juga produk kue basah anda ke sosial media dan whatsapp. Karena selain anda menjual untuk sekitar anda, Dengan mempromosikan jualan ke sosial media maka target pasar anda lebih luas lagi sehingga pembeli juga semakin banyak.
Masuk juga grup-grup facebook daerah yang bisa dijadikan target untuk mempromosikan kue basah. Selain itu juga anda bisa memanfaatkan sosial media lain seperti Instagram agar banyak juga yang mengenal kue basah anda.
Untuk targer pasar sekitar, Anda perlu memantau apakah ada sebuah acara atau peristiwa. Dengan begitu anda bisa mempromosikan kue basah, Karena biasanya kue basah sering dijadikan jamuan di acara-acara penting.

6. Kreasikan Kue Basah 

Kreasikan Kue Basah yang anda buat agar berbeda dengan yang lain namun tidak meninggalkan ciri khas kue basah itu sendiri. Dengan begitu ada daya tarik tersendiri dari kue basah yang anda buat. 
Kreasikan dengan menambahkan sebuah rasa baru atau buat Kue Basah anda lebih menarik dan inovatif. Ketika kue basah anda dinilai menarik bagi orang lain, Maka akan memicu daya beli dari konsumen.

7. Kemasan

Kemasan juga dinilai penting, Semakin rapi dan bagus maka orang melihatnya juga nyaman. Terutama ibu-ibu yang menjadi target anda, Mereka biasanya lebih banyak berkomentar tentang makanan. Jika dilihat dari kemasan rapi, Maka komentar mereka tentang Kue basah anda menjadi bagus.
Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.