Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

5 Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan Pada Smartphone

2 min read

Kamera depan tidak bisa digunakan pada smartphone jelas hal ini akan mengganggu pengguna yang hendak melakukan foto selfie. Pasalnya kamera depan pada smartphone berperan penting untuk pengambilan foto terutama untuk selfie.

Apalagi seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan orang suka dengan foto selfie terutama untuk memotret diri sendiri. Sehingga foto selfie bisa di simpan ke galeri pengguna atau ke sosial media agar orang lain bisa melihatnya.

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan Pada Smartphone

Tapi saat melakukan foto selfie pasti kita akan memerlukan kamera depan agar mudah dalam penangkapan gambar. Namun hal ini bisa terhambat apabila kamera depan tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan.

Salah satu masalah pada kamera smartphone yang kerap dialami pengguna yaitu kamera depan yang tidak bisa berfungsi. Kamera depan yang hendak digunakan tiba-tiba berhenti dan tidak bisa digunakan untuk memotret.

Jika terdapat notifikasi kamera berhenti dan tiba tiba keluar dari fitur kamera. Hal ini bisa disebabkan karena terjadi masalah software atau hardware di smartphone. Sehingga menghambat pengguna yang hendak melakukan foto selfie.

Jika sobat saat ini mengalami masalah kamera depan Hp tidak bisa digunakan, Maka sobat tenang saja karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan Pada Smartphone

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kamera depan Hp tidak bisa digunakan pada smartphone.

Restart Perangkat

Ini adalah solusi pertama yang bisa sobat coba ketika kamera depan smartphone tidak bisa digunakan dan terjadi error. Caranya yaitu restart perangkat agar error yang terjadi pada kamera Hp bisa teratasi.

Selain penyebab karena error pada aplikasi kamera, Bisa jadi terjadi masalah error pada sistem perangkat. Sehingga sobat bisa lakukan opsi restart untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan Remote Scoopy Smart key Terbaru

Force Close Aplikasi Kamera

Cara kedua yang bisa sobat coba yaitu dengan Force Close aplikasi kamera. Force Close adalah opsi hentikan paksa aplikasi dan nanti sobat bisa buka kembali aplikasi kamera. Caranya sobat bisa tekan dan tahan aplikasi kamera. Kemudian klik info dan klik paksa berhenti. Kemudian sobat bisa coba buka aplikasi kamera kembali.

Coba Hapus Data Dan Cache Aplikasi

Cara berikutnya yang cukup efektif untuk mengatasi masalah kamera depan yang tidak bisa digunakan yaitu dengan hapus cache dan hapus data pada aplikasi kamera bawaan. Karena penyebab bisa terjadi karena file cache yang terlalu banyak.

Sobat bisa hapus cache dan data aplikasi dengan masuk ke pengaturan > apps > camera dan kemudian klik penyimpanan. Kemudian sobat klik hapus cache dan kemudian hapus data.

Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Opsi lain yang cukup mudah dan pernah saya alami ketika kamera depan tidak bisa digunakan yaitu dengan memasang aplikasi kamera pihak ketiga di Play Store. Dimana cara ini cukup efektif ketika aplikasi kamera bawaan tidak bisa digunakan. Di Play Store cukup banyak aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa sobat gunakan sebagai opsi pengganti aplikasi kamera bawaan.

Perbarui Software Smartphone

Beberapa brand smartphone biasanya rutin memberikan pembaruan software. Karena bisa jadi masalah ini dikarenakan terjadi bug pada software. Sehingga perlu pembaruan sistem untuk mengatasi bug pada kamera. Untuk pembaruan letak pembaruan sistem berbeda-beda. Biasanya di pengaturan sudah bisa terlihat fitur untuk memperbarui software ke terbaru.

Lima cara di atas merupakan cara efektif untuk mengatasi masalah pada kamera depan tidak bisa digunakan. Jika masalah ini terjadi karena kerusakan kamera depan. Maka opsi terbaik dibawa ke service center untuk dilakukan perbaikan pada kamera depan.

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan. Semoga dengan cara di atas, Kamera depan Hp sobat bisa normal kembali. Sekian dari saya dan jangan lupa komentar dibawah.

Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + three =