Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

5 Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid

2 min read

Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid pasti pernah sobat alami. Masalah ini tentu terjadi pada semua provider mulai dari Axis, Telkomsel, Xl, Indosat, Tri dan juga Smartfren. Tentu notifikasi ini muncul ketika pelanggan hendak melakukan panggilan operator menggunakan kode dial.

Jika sobat mengalami masalah sambungan seperti ini, Sobat tak perlu panik karena masalah ini merupakan hal yang sering terjadi. Rata-rata semua pengguna kartu SIM pasti pernah mengalaminya ketika hendak melakukan panggilan provider.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid

Jika sobat pernah melakukan panggila operator pasti pernah mengalami nya. Hal ini tentu menghambat kita yang hendak mengakses layanan provider melalui kode dial. Terlebih lagi biasanya kita cek pulsa atau beli paket data melalui kode dial.

Entah smartphone sobat itu Xiaomi, Asus, Samsung, Oppo, Vivo, Huawei atau merek lainnya. Pasti mengalami nya, Karena masalah ini penyebabnya bisa dari provider dan bukan dari brand smartphone yang sobat gunakan.

Apa Itu Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid ?

Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid ini merupakan error ketika melakukan panggilan dial telepon. Sesuai tulisan notifikasi yaitu terjadi masalah pada sambungan atau bisa jadi dikarenakan kode dial yang salah.

Kode MMI ini merupakan kode panggilan atau kode dial yang terdiri dari simbol atau angka. Ketika terdapat notifikasi kode MMI tidak valid berarti kode yang dimasukkan salah.

Penyebab Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid

Jika sobat menerima notifikasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid ketika melakukan panggilan operator. Hal ini tentu ada beberapa penyebab sebagai berikut :

  • Kode dial salah.
  • Kode dial yang dituju sudah tidak aktif.
  • Terjadi masalah jaringan.
  • Tidak ada sinyal.
  • Dan lain-lain.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid

Jika sudah tahu penyebab nya maka sobat bisa ikuti beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Pastikan Kode Dial Benar

Jika sobat sedang melakukan panggilan operator melalui kode dial. Maka pastikan bahwa kode dial sudah benar. Karena jika salah angka atau simbol, Maka saat melakukan panggilan operator akan muncul notifikasi “Kode MMI Tidak Valid”.

Sebelum melakukan panggilan operator usahakan kode dial tersebut sudah benar. Jika belum tahu maka bisa cek langsung di Google. Sehingga saat melakukan panggilan telepon tidak error.

Baca Juga : Cara Mencairkan Bonus Dadakan Lazada Menjadi Uang

Kode Dial Tidak Aktif

Jika sobat memasukkan kode dial lama yang sudah tidak aktif, Maka biasanya akan ada notifikasi error masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Karena operator sendiri juga sering merubah kode dial terutama untuk paket data promo dan mengganti ke kode dial baru. Sehingga sobat perlu pastikan bahwa kode dial yang di tuju masih aktif.

Terjadi Masalah Jaringan

Penyebab kenapa saat melakukan panggilan operator muncul notifikasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid dikarenakan terjadi masalah jaringan pada provider. Sehingga hal ini menyebabkan tidak bisa melakukan panggilan operator.

Untuk solusinya yaitu sobat bisa menunggu sampai jaringan normal kembali. Biasanya tidak lama dan lama tidaknya tergantung provider.

Tidak Ada Sinyal

Penyebab lain ketika masalah ini terjadi yaitu tidak ada sinyal atau sinyal lemot. Hal ini tentu bisa menyebabkan notifikasi error masalah sambungan ketika melakukan panggilan operator. Dikarenakan tidak adanya sinyal atau kondisi sinyal lemot. Untuk solusinya sobat perlun mencari tempat dengan kondisi sinyal bagus.

Ganti Ke Mode 3G

Jika sobat menggunakan jaringan 4G dan menyebabkan masalah sambungan atau kode MMI tidak valid saat melakukan panggilan operator. Maka sobat perlu ubah jaringan dari 4G ke 3G. Dan coba lakukan panggilan operator ulang.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Semoga cara di atas membantu dan sobat bisa melakukan panggilan operator dengan normal. Sekian informasi dari saya dan terimakasih telah membaca.

Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 9 =