Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Produksi Massal Yang Perlu Diketahui

2 min read

Achmaddimas.com – Beberapa Perusahaan atau Produsen sebuah barang pasti sebagian besar pernah melakukan produksi massal. Dimana hal ini bisa jadi karena tuntutan permintaan pasar atau untuk hal lainnya.

Produksi massal atau produksi dalam jumlah yang besar tentunya beberapa Perusahaan di Indonesia setiap hari melakukannya bahkan tanpa henti. Hal ini dikarenakan barang yang di produksi mengalami permintaan secara terus menerus.

Kelebihan Dan Kekurangan Produksi Massal

Perusahaan yang bergerak atau memproduksi barang dalam jumlah besar biasanya bergerak pada bidang produksi makanan, minuman, pakaian dan lain-lain. Dimana produksi barang secara banyak biasanya disebut dengan produksi massal.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi LOS Merah Iconnect

Pengertian Produksi Massal

Produksi massal merupakan sebuah tindakan dalam Perusahaan atau Produsen untuk memproduksi barang dalam jumlah yang besar. Hal ini biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan stok dalam jumlah besar.

Sebelum melakukan produksi massal tentunya Perusahaan atau Produsen sudah merencanakan dengan matang agar sesuai target yang sudah ditentukan.

Dalam melakukan produksi massal memang harus sesuai perencanaan terutama bagi sebuah Perusahaan yang biasanya memproduksi barang dalam jumlah tertentu saja. Hal ini agar Perusahaan tidak mengalami kerugian dan barang yang disediakan sesuai target permintaan.

Setelah mengetahui tentang produksi massal, Maka berikut ini kelebihan dan kekurangan produksi massal yang perlu diketahui.

Kelebihan Produksi Massal

Dalam produksi massal tentu ada keuntungan atau kelebihan tersendiri bagi Perusahaan. Apa saja kelebihannya ? simak berikut ini.

Menguntungkan Perusahaan

Jika produksi massal yang dilakukan perusahaan karena untuk memenuhi permintaan pasar. Maka jelas keuntungan Perusahaan jauh lebih besar dan tentu ini akan menguntungkan Perusahaan.

Produktivitas Perusahaan Meningkat

Tingkat produktivitas Perusahaan juga akan meningkat. Mengingat produksi massal yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sehingga Perusahaan juga bisa lebih berkembang.

Hemat Waktu

Dalam melakukan produksi massal juga menghemat waktu yang diperlukan. Karena rata-rata Perusahaan akan menggunakan mesin-mesin untuk memproduksi barang dalam jumlah besar. Hal ini menghemat waktu karena bisa memanfaatkan mesin yang ada dan memenuhi kebutuhan dalam jumlah yang besar.

Biaya Produksi Bisa Ditekan

Untuk biaya produksi juga bisa ditekan lantaran produksi barang dalam jumlah besar menggunakan mesin dan hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja. Sehingga barang yang di produksi bisa memenuhi kebutuhan dan pengeluaran untuk tenaga kerja juga sedikit. Keuntungan juga besar karena permintaan dalam jumlah besar.

Perusahaan Bisa Lebih Berkembang

Dalam melakukan produksi massal jelas bisa membuat Perusahaan bisa lebih berkembang. Karena dengan produksi massal maka keuntungan yang didapat meningkat, efesiensi waktu, pemanfaatan mesin lebih baik dan masih banyak lagi.

Kekurangan Produksi Massal

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari produksi massal, Maka berikut ini untuk kekurangan produksi massal bagi Perusahaan.

Berdampak Buruk Pada Karyawan

Memang untuk produksi massal kebanyakan akan menggunakan bantuan mesin. Namun hal ini tak luput dari tenaga kerja karyawan. Tentu aktivitas karyawan akan lebih meningkat dari biasanya dan bisa menurunkan motivasi karyawan dalam berkerja.

Modal Yang Diperlukan Besar

Dalam melakukan produksi massal, Perusahaan akan mengeluarkan modal yang lebih besar. Modal ini nantinya untuk produksi yang di perlukan dalam jumlah besar belum lagi perawatan mesin yang lebih jika untuk produksi barang dalam jumlah banyak.

Berpotensi Adanya Kegagalan Produk

Karena produksi dalam jumlah banyak untuk produksi massal dalam Perusahaan. Bisa berpotensi kegagalan beberapa produk dalam jumlah kecil yang justru bisa merugikan. Walau menggunakan mesin namun potensi ini tentu ada dan perlu pengawasan secara ketat.

Berpotensi Kerugian

Jika produksi massal tidak terencana terlebih jika bukan untuk memenuhi permintaan pasar. Maka perlu perencanaan lebih matang, Mengingat pengeluaran untuk modal termasuk besar. Sehingga produksi massal harus menguntungkan dan bisa balik modal sesuai dengan pengeluaran Perusahaan untuk produksi barang dalam jumlah besar.

Akhir Kata

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan produksi massal yang perlu diketahui. Jika ada salah kata saya mohon maaf dan semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dari saya Achmaddimas.com dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya.

Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

20+ Komen Lucu Untuk Giveaway Terbaru di IG TikTok…

Achmaddimas.com – Komen lucu untuk giveaway di Instagram TikTok hingga YouTube bisa kamu catat. Apalagi bagi yang rajin ikutan seperti ini maka catat semua...
Dimas W
1 min read

8 Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Tersambung di Hp…

Achmaddimas.com – VPN tidak bisa tersambung menjadi salah satu kendala yang banyak dialami pengguna. Disini saya akan memberikan beberapa tips supaya bisa terhubung yang...
Dimas W
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *