Cara Mengatasi Custom ROM Gagal Di Android Terbaru

1 min read

Membuat tampilan Android lebih bagus dengan Custom ROM memang bukan hal baru lagi. Banyak sekali pengguna Android yang melakukan Custom ROM demi mendapatkan kepuasan tersendiri untuk tampilan Androidnya dan juga perbedaan fitur.

Smartphone sendiri terutama untuk OS Android sudah dibekali dengan tema yang cukup bagus. Bahkan untuk bawaan atau stock Android mempunyai tampilan yang elegan dan juga simple.

20210111 235750

Ditambah ketika sudah menyentuh brand lain maka akan mengikuti tampilan OS mereka seperti di Hp VIVO, OPPO, dan Xiaomi. Maka tampilan akan jauh lebih bagus lagi dan bisa diubah tema.

Tapi masih banyak pengguna yang kurang puas dengan tampilan android mereka dan banyak yang melakukan custom ROM demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengubah tampilan Android memang wajar-wajar saja karena dengan mengubah tampilan maka kita tidak bosan dengan tampilan gitu-gitu aja. Apalagi mengubah tampilan dengan custom Rom berbeda sekali dengan mengubah tema biasanya.

Yang dimana dengan Custom Rom maka identitas perangkat juga berbeda karena mengubah OS nya juga. Tampilan juga berbeda dan beberapa fitur berubah dari segi icon dan juga penambahan.

Custom ROM juga mempunyai dampak khusus seperti kamera yang dimana biasanya pengguna ubah menjadi kamera GCam yang menghasilkan foto yang luar biasa dan juga ada beberapa perubahan lain.

Tapi ada resiko lain ketika melakukan Custom ROM yaitu biasanya ada bug atau performa perangkat juga turun. Tapi ada juga resiko ketika gagal melakukan Custom ROM yaitu Android mati total dan sulit dinyalakan dan juga terkadang bisa menyebabkan botloop. Lantas bagaimana solusi ketika gagal melakukan Custom ROM ? silahkan simak berikut.

Cara Mengatasi Custom ROM Gagal Di Android Terbaru

Ada beberapa cara yang bisa sobat coba untuk mengatasi Custom ROM yang gagal di Android. Dan untuk caranya sebagai berikut.

1 Gunakan Custom ROM Terbaru

Untuk cara pertama yaitu gunakqn custom rom versi terbaru saat di install. Hal ini dikarenakan versi lama biasanya masih terjadi beberapa kerusakan yang belum ditangani oleh pihak developer. Maka usahakan untuk download Custom ROM versi terbaru.

2 Gunakan Koneksi Internet Yang Bagus

Koneksi internet disini juga perlu bagus, Usahakan untuk menggunakan WIFI dengan kecepatan yang lumayan. Karena pengunduhan Custom ROM ini perlu sinyal yang kuat.

Jika saat mengunduh kecepatan kurang bagus, Maka ini bisa menyebabkan file yang terunduh korup. Korup disini berarti file tersebut rusak dan gagal di download. Apalagi file custom ROM ini lumayan besar, Sehingga perlu koneksi yang stabil dan cepat.

3 Gunakan CWM atau TWRP

Pastikan sobat menginstall TWRP atau CWM duluan sebelum melakukan penginstall. Hal ini untuk proses install Custom ROM. Jika sobat menggunakan CWM bawaan maka tidak bisa melakukan Custom ROM. Untuk tutorialnya sendiri sudah banyak di youtube karena cukup panjang juga penjelasannya.

Kesimpulan

Melakukan Custom ROM juga memang perlu persyaratan seperti akses Root. Dan juga mempunyai resiko seperti botloop atau mati total. Namun jika berhasil maka hasilnya memang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *