Perencanaan Usaha Budidaya Unggas Petelur

1 min read

animal 1867521 640
Budidaya Unggas Petelur
Budidaya merupakan usaha mempelihara hewan atau tumbuhan dari kecil sampai besar dengan tujuan memperbanyak dan menjadikannya suatu usaha dalam memperoleh keuntungan. 
Budidaya Hewan atau Tumbuhan selalu dimulai dari bibit atau benih sampai akhirnya menjadi besar dan cukup banyak, Sehingga nantinya bisa dipanen sesuai pada waktunya.
Salah satu budidaya yang cukup menjajikan yaitu unggas. Seperti yang kita tahu bahwa unggas merupakan jenis hewan burung yang mempunyai paruh, sayap, berbulu dan berkaki seperti ayam, bebek atau unggas lainnya.
Dan jika anda ingin atau akan terjun ke usaha budidaya unggas petelur, Maka anda wajib membuat perencanaan. Apa tujuannya ? yaitu agar usaha budidaya yang anda jalankan bisa mencapai keberhasilan.
Perencanaan dalam usaha budidaya unggas petelur merupakan langkah awal bagi seorang pengusaha sebelum terjun atau melangkah lebih jauh ke dalam usaha budidaya. Dengan adanya perencanaan, Maka usaha yang dijalankan akan sesuai dengan rencana dan menghindari peluang kegagalan yang lebih besar.
Dalam usaha budidaya unggas petelur juga ada perencanaan. Apa gunanya ? agar langkah saat terjun nanti tidak asal-asalan dan tertata dalam hal pengelolaan budidaya. Ada beberapa perencanaan yang perlu anda susun dalam membangun usaha budidaya unggas petelur. 

Perencanaan Usaha Budidaya Unggas Petelur

Ada beberapa rencana yang perlu anda perhatikan dalam usaha budidaya unggas petelur. Walau terdengar sepele, Namun anda perlu memerhatikan ini sebelum memulai usaha.

1. Menentukan Jenis Ternak Yang Akan Dibudidaya

Dalam menentukan jenis ternak, Anda harus tepat memilih jenis ternak apa yang akan dibudidaya. Memang tidak mudah karena ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam memelihara jenis ternak satu dengan jenis yang lain.
Cara pertama yang perlu anda lakukan sebelum menentukan jenis ternak yaitu survey langsung ke pasar. Pilih jenis ternak dengan hasil/produk yang laku dipasaran. Atau anda juga bisa memilih hasil produk budidaya ternak yang mempunyai kompetitor sedikit. Dengan begitu hasil dari budidaya ternak akan bisa lebih cepat laku dan terjual cukup banyak.

2. Menentukan Lokasi Kandang

Menentukan lokasi kandang cukup penting. Karena anda nantinya budidaya jenis ternak unggas cukup banyak dan mungkin akan semakin banyak. Lokasi nantinya perlu anda buat cukup luas dan jauhkan sedikit dari perumahan karena nantinya baunya cukup menyengat dan meresahkan orang sekitar lokasi kandang.
Selain itu juga lokasi atau tempat harus sesuai dengan jenis unggas yang anda pilih nantinya. Mulai dari suhu, lingkungan dan kebersihan. Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu saat sudah beli bibit unggas ternak yang anda pilih nantinya. 

3. Menentukan Skala Usaha

Dalam memulai sebuah usaha pastinya usaha yang anda mulai terutama budidaya unggas petelur, Pilih skala usaha kecil guna mengurangi resiko kerugian. Saat sudah menjalankan usaha budidaya nya nanti, Anda bisa mempelajari bagaimana memperbesar skala usaha.
Setelah itu coba anda analisa semua biaya yang anda keluarkan untuk usaha budidaya nantinya. Biaya yang anda keluarkan nantinya bisa saja kecil atau besar sesuai skala usaha yang anda mulai dalam budidaya unggas petelur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *