Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Cara Mengembalikan Barang Di Shopee Lewat J&T 2022 Berdasarkan Pengalaman

2 min read

Achmaddimas.com – Cara mengembalikan barang di Shopee lewat J&T jelas bisa. Namun perlu diperhatikan dan baca artikel ini sampai selesai agar bisa belajar dari pengalaman yang pernah saya alami.

Pembelian barang di Shopee memang umumnya barang yang dibeli dan diterima pembeli bisa digunakan. Namun bagaimana dengan barang yang cacat setelah diterima atau mengalami kerusakan saat perjalanan ? tentu akan sangat merugikan pembeli.

Cara Mengembalikan Barang Di Shopee Lewat J&T

Pengembalian barang di Shopee tentu akan melalui proses pemantauan pihak Shopee. Barang yang dibeli cacat ketika perjalanan atau memang kesalahan penjual karena barang yang dikirim memang sudah rusak sebelumnya.

Perlu diketahui hal-hal sebelum melakukan pengembalian barang. Karena pengembalian barang sebelumnya cukup mudah, Namun pasti dari pembaca berfikir lantas siapa yang menanggung ongkir jika memang barang yang diterima cacat karena kerusakan saat perjalanan atau kesalahan penjual.

Baca Juga : Cara Tukar Poin Tri Tanpa Aplikasi

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengembalikan Barang Di Shopee

Ada hal-hal yang perlu sobat ketahui jika saat ini mengalami kekecewaan karena barang tidak sesuai, tidak bisa digunakan, barang cacat dan lain sebagai nya sebelum melakukan pengembalian barang di Shopee.

Melakukan Perekaman

Sebelum membuka barang usahakan untuk merekam ketika membuka paket ketika sudah diterima dari jasa pengiriman termasuk J&T atau jasa pengiriman lainnya. Ini sangat penting dikarenakan ini menjadi bukti jika barang yang diterima mengalami kecacatan atau jika tidak maka bisa dijadikan testimoni kepada penjual.

Persiapkan Video

Jika lupa atau tidak melakukan perekaman ketika membuka paket bagaimana ? Anda tetap lakukan perekaman dan siapkan video jika barang mengalami kecacatan. Tunjukkan bukti penting dan rekam secara benar jika barang mengalami kecacatan. ( Penting sekali untuk tidak merekayasa karena kejujuran yang paling utama).

Hubungi Pihak Penjual atau Seller

Hubungi terlebih dahulu pihak seller sebelum mengajukan pengembalian barang. Hal ini untuk mendiskusikan dengan seller atau memberitahu seller tentang barang yang dikirim.

Saya pernah melakukan ini dan membuktikan bahwa barang memang mengalami kecacatan agar menemukan kesepakatan sebelum melakukan pengajuan pengembalian barang.

Hubungi Pihak Shopee

Nah disini poin terpenting jika tidak menemukan titik terang dengan penjual. Karena beberapa penjual ada yang tidak merespon, Ada yang menuduh karena kerusakan saat pengiriman, Ada juga yang menuduh kesalahan pembeli dan masih banyak lagi.

Saya disini tidak menyalahkan penjual untuk masalah pengembalian barang. Karena bisa saja yang disebutkan penjual benar adanya. Oleh karena itu pihak Shopee sebagai Marketplace sebagai pihak ketiga sekaligus penengah agar proses pengembalian barang bisa berjalan dengan lancar.

Nantinya akan didiskusikan dengan penjual ataupun pembeli. Selain itu pihak Shopee jelas akan meminta bukti kepada pembeli dan memintai alasan kuat kenapa melakukan pengembalian barang.

Bahkan jika pembeli mengajukan pengembalian barang secara langsung jelas akan dimintai alasan kuatnya. Oleh karena itu lebih bagus untuk sebelum mengajukan pengembalian barang diskusi kepada seller terlebih dahulu atau kepada pihak Shopee terlebih dahulu.

Biaya Ongkir

Untuk biaya ongkir pengembalian barang, Biasanya biaya kirim balik gratis dan bebas jika menggunakan J&T Express. Jika ada masa garansi juga biaya akan ditanggung oleh Shopee.

Pengembalian Dana

Barang yang dibeli oleh pembeli dan pembeli mengajukan pengembalian barang. Biasanya Dana nya akan dikembalikan oleh penjual. Sehingga pembeli tidak dirugikan dalam hal ini. Itulah mengapa didiskusikan ke seller terlebih dahulu.

Cara Mengembalikan Barang Di Shopee Lewat J&T

  1. Pertama buka Shopee dan masuk ke menu pesanan.
  2. Kemudian pilih rincian pesanan dan klik opsi pengembalian.
  3. Lalu akan diminta memilih alasan dan pilih alasan pengembalian barang sesuai kejadian yang sebenarnya.
  4. Selanjutnya pilih jasa ekspedisi yaitu J&T.
  5. Lanjut download label pengembalian barang dan cetak label tersebut.
  6. Kemas kembali barang yang akan dikembalikan secara rapi dan aman.
  7. Tempelkan label pengembalian barang nya.
  8. Kemudian datangi cabang J&T terdekat.
  9. Serahkan paket nya dan bilang ke pihak J&T bahwa melakukan pengembalian barang.
  10. Nantinya akan diproses oleh pihak J&T dan tunggu nomer resi nya.
  11. Nomer resi yang sudah diberikan kepada seller jika meminta.
  12. Dana nantinya akan dikembalikan oleh pihak Seller dan akan masuk ke ShopeePay.
  13. Selesai.

Itulah proses cara mengembalikan barang. Berdasarkan pengalaman saya dahulu, Pengembalian barang yang saya lakukan cukup mudah. Karena saya dulu melakukan diskusi terlebih dahulu dengan penjual dan penjual meminta penjelasan mengenai barang.

Saya tunjukkan bukti dan lain-lain sehingga sepakat dan langsung mengembalikan barang. Lantas untuk penjual yang tidak merespon bagaimana ? saran saya bisa langsung lakukan opsi pengembalian barang atau bisa diskusi ke pihak Shopee jika baru pertama melakukan pengembalian barang.

Akhir Kata

Ingat semua tulisan di atas berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber lain. Jika ada kesalahan kata atau informasi saya mohon maaf. Karena artikel ini saya buat berdasarkan se pengalaman dan setahu saya.

Penting sekali jika sobat menemukan kesalahan, menemukan informasi baru atau menceritakan pengalaman di kolom komentar. Sekian dari saya dan mohon maaf jika ada salah kata atau salah informasi. Sekian dari saya dan terimakasih telah membaca.

Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.