Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

3 Solusi Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh

1 min read

Printer tidak bisa print padahal tinta penuh menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak pengguna. Hal ini terjadi karena tinta print tidak keluar saat pengguna melakukan cetak suatu dokumen.

Permasalahan ini memang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami pengguna. Tentu bagi yang awam dengan Printer akan mengalami kesulitan mengatasi masalah tinta print yang tidak mau keluar ini.

Solusi Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh

Tentu untuk masalah Printer ini terdapat penyebab kenapa bisa terjadi. Sehingga perlu tahu penyebab dari masalah ini. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah pada Printer ini.

Penyebab masalah ini salah satunya yaitu terjadi error pada saluran tinta atau terdapat masalah di bagian printer yang menyebabkan tinta tidak mau keluar. Biasanya masalah pada tinta yang tidak mau keluar juga terdapat tanda-tanda.

Salah satu tanda-tanda ketika terjadi masalah pada tinta Printer yaitu lampu indikator akan menyala. Sehingga pengguna bisa jadi tahu terjadi masalah pada printer karena tinta tidak mau keluar.

Jika sobat mengalami masalah saat ini, Maka sobat tenang saja. Ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk Printer yang tidak bisa print padahal tinta penuh.

Solusi Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh

Berikut ini beberapa solusi untuk Printer tidak bisa print padahal tinta penuh.

Mengisi Tinta Printer

Penyebab masalah ini biasanya tinta sudah habis, Walau sobat berfikir sudah penuh. Namun bisa jadi pada waktu itu tinta Printer sudah habis kembali. Biasanya tanda-tanda tinta Printer habis yaitu dokumen hasil cetakan terdapat garis-garis. Jika memang terjadi tanda-tanda tersebut, Maka segeralah isi tinta Printer.

Baca Juga : Cara Mengatasi Animlovers Tidak Bisa Memutar Video

Lakukan Pembersihan

Penyebab berikutnya kenapa Printer tidak bisa print padahal tinta penuh yaitu terjadinya penyumbatan pada jalur tinta atau pada head cartridge. Sehingga hal ini perlu dilakukan pembersihan mendalam.

Di Printer kita bisa melakukan pembersihan dengan fitur Cleaning dan Deep Cleaning. Untuk caranya sebagai berikut.

  1. Pertama tekan tombol Start > Devices and Printer.
  2. Lalu klik kanan pada Printer.
  3. Lanjut sobat pilih opsi Printing Preferences.
  4. Nantinya pada tab Maintenance akan banyak sekali opsi dan pilih opsi “Cleaning/Deep Cleaning”.
  5. Maka proses akan dimulai dan sobat bisa ulangi langkah ini sampai 3 kali agar hasilnya memuaskan.

Bersihkan Sumbatan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa penyebab masalah ini bisa jadi sumbatan pada Head Cartridge dan bisa dibersihkan secara manual. Sehingga sumbatan bisa diatasi dan tinta bisa keluar dengan lancar.

Sumbatan pada Head Cartridge bisa terjadi karena Printer jarang digunakan. Sehingga tinta mengering dan terjadi penyumbatan. Berikut ini untuk cara membersihkan sumbatan pada Head Cartridge.

  1. Pertama sobat persiapkan wadah cukup besar dan diisi dengan air hangat. Usahakan wadah biasa karena nantinya akan kotor karena tinta.
  2. Lalu sobat keluarkan Cartridge dan rendam dengan air hangat tersebut.
  3. Tunggi beberapa saat sampai tinta bisa mencair dan sumbatan bisa teratasi.
  4. Biasanya tinta yang mengering akan mencair dan keluar sehingga air tercampur dengan tinta.
  5. Jika sudah dipastikan tinta tidak menyumbat dan bisa mencair, Maka sobat bisa keluarkan Cartridge.
  6. Lalu sobat lap menggunakan kain atau tisu sambil diangin anginkan agar mengering.
  7. Jika sudah maka pasang kembali ke Printer secara hati-hati.

Ketiga cara itu termasuk cara efektif untuk mengatasi Printer tidak bisa print padahal tinta penuh. Penyebab kebanyakan yang dialami pengguna biasanya dikarenakan sumbatan dan sobat bisa lakukan opsi 2 atau 3.

Akhir Kata

Itulah solusi cara mengatasi Printer tidak bisa print padahal tinta penuh. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi masalah sobat. Sekian dari saya dan terimakasih telah membaca di blog ini.

Dimas W Cuma Penulis Biasa Yang Kadang Males-Malesan Kadang Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =